Mengenai Saya

Foto saya
indralaya, sumatera selatan, Indonesia
calon guru fisika (InsyALLAH) Kece!!!! calon pemilik cake shop unyu :P

chatbox

wibiya widget

Jumat, 06 Mei 2011

dadar gulung saus coklat

Ditulis Dwi Mentari pada 21.05.00
niat awal bikin ini, karena gue punya mimpi mau jualan ini dikampus. hahaha, tapi sayangnya mama bilang "berenti aja kuliahnya, jualan deh!!" gubrak banget lah mama. terus lagi, karena icip isiannya buatan bude wik yang mangnyus yang bikin gue terinspirasi untuk buat yang lebih enak. :D yaa... minimal seenak punya bude lah. :).

dan satu lagi, karena rasa prihatinnya gue dengan makanan yang sama yang dijual dikampus yang gak banget. agak pait dan.. gak banget lah menurut gue. 


taraaa... itu adalah dadar gulung. :D hahhaa..
cekidot donk apa aja yang gue pakek.

kulit

  • tepung terigu 
  • garam
  • air
  • telur
  • pasta pandan

isi
  • kelapa parut
  • gula aren
  • gula pasir
  • air
  • garam
  • pandan
saus
  • selai coklat
  • air 

pertama bikin kulitnya dulu ya, terigu, garam, telur di campur dulu pake kocokan telur. pas di rasa rata di tambahin air secukupnya nyampurnya jangan pake sendok biasa atau centong sayur. pake kocokan telur. itu lebih bisa meminimalisasi gumpalan tepung yang ada di adonan. fungsinya sama kayak mixer. tapi ini pake tangan kerjanya, gak pake listrik. jadi lebih simpel. di aduk terus dan ditambahin air sampe kentalnya pas. jangan terlalu kental, jangan pula terlalu encer. :)
udah pas tu kentelnya? gak ada lagi gumpalan tepung? sok deh masukin pasta pandannya. sesuai selera kalo yang ini. suka ijo banget kasih banyakan, suka yang ijo pucat paling 3 tetes aja. 

sekarang ke isinya ya, gula aren pertama di cincang dulu di rebus, bisa juga di larutin di air panas aja. air termos lah ya, cara ini kalo mau simpel aja. setelah larut saring deh. pisahkan kotoran dan air arennya. campur deh sama kelapa parut yang udah standby di penggorengan sebelumnya. tambahin gula putih sedikit, garam biar gurih dan daun pandan yang udah di iket dulu. aduk terus sampe mateng. mama bilang matengnya itu di liat dari pandan yang layu banget. kalo gue sih mateng apa gaknya di icip aja. gak krenyes lagi pas digigit udah mateng tuh. kalo dikira pas, yawes di matikan kompornya. dicobain dulu deh rasanya manisnya gimana, gurihnya gimana. ini kerja lidah masing masing ya. :D

sekarang balik lagi ke kulitnya., tiba saatnya kita bikin adonan kulitnya jadi mateng. ini pake teflon. mirip sama bikin kulit risol ya, pake teflon khusus yang diameternya dikira pas untuk itu. di centong satu satu... yaa.. kayak bikin kulit risoles lah.

dibalut deh satu satu. isi sama kulitnya. balutnya juga kayak risoles bentuknya.. simpel banget sumpah.

terakhir sausnya. ini gak begitu penting sih. cuman mempercantik aja. selai coklat dan air di campur dan didihkan. kental dan jadi deh... di guyur di atas tumpukan dadar gulung. :) 




2 komentar:

Andromeda on 8 Mei 2011 pukul 16.18 mengatakan...

pengeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeen... >.<
its look like so delicius. whehhehehe

Dwi Mentari on 9 Mei 2011 pukul 18.43 mengatakan...

hihihii... nanti, aku bakal bawak ke kampus.. tenaangg.. :D

Posting Komentar

 

....... Copyright © 2011 Designed by Ipietoon Blogger Template Sponsored by web hosting